Filipina: Suka atau Tidak, Kami Terlibat Jika Perang AS vs China Pecah

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

MANILA – Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana telah memperingatkan tentang meningkatnya risiko konflik di Laut China Selatan. Dia menyatakan jika perang antara Amerika Serikat (AS) dengan China berantakan, Manila akan terlibat terlepas kaum suka atau tidak.

Lorenzana mengatakan dalam pidatonya pada hari Rabu bahwa Filipina akan terbabit ke dalam konflik antara Washington dan Beijing jika ketegangan terus meningkat.

Lorenzana, seorang pensiunan jenderal Angkatan Darat, mengklaim konfrontasi antara China dan GANDAR serta sekutunya adalah tantangan ketenteraman yang paling mengkhawatirkan di negeri Indo-Pasifik. (Baca: Jalan China Sentil Indonesia karena Mengarah Klaim China di Laut China Selatan)

“Sementara AS dan China terus menguatkan bahwa tindakan mereka bersifat defensif, bahaya salah perhitungan selalu tersedia, seperti hampir tabrakan dua fregat milik AS dan China perut tahun lalu, ” katanya.

Baca Juga:

Filipina dan negara-negara Asia Tenggara lainnya telah berselisih dengan Beijing mengenai kedaulatan di Laut China Selatan yang diperebutkan, yang 90 persen diklaim oleh China.

“Keputusan baru-baru ini lantaran pemerintah China untuk mempersenjatai pesawat penjaga pantai (coast guard) itu yang berpatroli di Laut China Selatan semakin meningkatkan taruhannya, dan jika perang penembakan terjadi, Filipina, yang berada tepat di tengah konflik, akan terlibat apakah (rakyat negara ini) suka atau tak, ” paparnya, seperti dikutip lantaran Russia Today , Kamis (26/11/2020).

Washington pada Senin lalu menegaskan balik komitmennya untuk mendukung Manila berasaskan klaim teritorial di Laut China Selatan yang kaya sumber daya. (Baca juga: AS dengan Militernya Bela ‘Musuh-musuh’ China dalamSengketa Laut China Selatan)

Dalam kunjungan ke Ibu Tanah air Filipina, Penasihat Keamanan Nasional Presiden Donald Trump, Robert O’Brien, mengatakan kepada jurnalis yang berkumpul; “Pesan kami adalah kami akan beruang di sini, kami mendukung Anda, dan kami tidak akan pergi. ”