Ingin Beli Mobil Bekas? Kenali Ciri-Ciri Mobil yang Sudah Turun Mesin

loading…

Ada baiknya tidak langsung tergiur dengan harga miring saat ingin membeli mobil bekas. Foto: ist

JAKARTA – Meski pemerintah memberikan relaksasi PPnBM, tetapi membeli mobil bekas masih menjadi pilihan yang cenderung diminati oleh konsumen. Sebab, mungkin saja mobil yang diinginkan tak masuk kategori pemerima PPnBM.

Dengan membeli mobil bekas, tentu harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Namun, ada baiknya tidak langsung tergiur dengan harga miring saat ingin membeli mobil bekas.

Jika tidak hati-hati, bisa saja mobil pilihan ternyata sudah tidak bagus kondisinya. Untuk menghindari hal tersebut, simak penjelasan mengenai ciri-ciri mobil pernah turun mesin berikut ini, dilansir dari Blog Auto2000, Minggu (30/5).

BACA JUGA: Bahayanya Facebook Ketika Mereka Menyensor Konflik Palestina-Israel

Apa itu istilahturun mesin?

Sebelum membahas ciri-ciri mobil pernah turun mesin, penting untuk mengetahui tentang kondisi turun mesin terlebih dulu. Selama ini, turun mesin identik dengan penurunan kondisi mesin mobil. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat.

Turun mesin adalah suatu istilah di dunia otomotif dalam menyebut proses pelepasan mesin dari badan mobil untuk kemudian diperiksa dan diperbaiki. Turun mesin juga sering disebut dengan istilah overhaul.

Mobil yang pernah turun mesin berarti sudah pernah mengalami kerusakan berat. Oleh karenanya, disarankan untuk tidak membeli mobil bekas yang sudah pernah turun mesin.

Sebab, dikhawatirkan nantinya akan mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan mobil.

Ciri-ciri mobil turun mesin

Jika dilihat sekilas, mungkin akan kesulitan untuk mengetahui apakah mobil tersebut sudah pernah turun mesin atau belum. Namun, dengan pengamatan saksama, konsumen bisa mengenali ciri-ciri mobil yang sudah pernah turun mesin. Berikut detailnya:

• Ruang mesin bersih

Ciri pertama yang paling mudah diidentifikasi bisa dilihat dari kondisi ruang mesin. Ruang mesin pada mobil yang pernah turun mesin biasanya terlalu bersih. Ini karena saat mobil melakukan overhaul, mesin akan diangkat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Saat perbaikan tersebut, ruang mesin pun akan dibersihkan. Jadi, jika menemukan mobil bekas dengan ruang mesin yang terlalu bersih, layak mempertanyakannya.