OPM Kelompok Lekagak Telengen Pelaku Penembak Kabinda Papua

loading…

BEOGA – Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan, pelaku penembakan terhadap Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Putu Dani di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021) dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Lekagak Telengen. Kelompok inilah yang membuat teror terhadap warga Kabupaten Puncak selama dua pekan terakhir.

“Dari laporan yang saya terima pelaku penembakan terhadap korban berasal dari kelompok Lekagak Telengen,” kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo, Minggu malam. Menurut dia, jenazah korban saat ini sudah berada di Beoga dan Senin (26/4/2021) ke Timika.

Baca: Gugur Ditembak KKB, Kabinda Papua Dievakuasi ke RS Mitra Masyarakat Timika

“Memang benar jenazah korban akan dievakuasi ke Timika yang selanjutnya Senin sore diterbangkan ke Jakarta, kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yogo.

Data yang dihimpun mengungkapkan korban bersama tujuh anggota menggunakan empat sepeda motor, Minggu pagi sekitar pukul 09.20 WIT ke Kampung Dambet, yang sebelumnya sempat diserang KKB dengan membakar rumah warga serta fasilitas pendidikan termasuk perumahan guru.

Insiden pembakaran di Kampung Dambet terjadi Sabtu (17/4) menyebabkan rumah Kepala Suku Eber Tinal ludes terbakar.

Baca juga: Kepala BIN Daerah Papua Gugur Tertembak KKB di Beoga Papua

Kontak tembak yang menewaskan Ka Binda Papua terjadi sekitar pukul 15.50 WIT dan jenazah baru dapat dievakuasi dan tiba di Beoga sekitar pukul 18.30 WIT.

(sms)