Skema Cawapres Masih Mungkin Anies Ketus dengan Prabowo di 2024

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dianggap figur potensial yang diprediksi bakal menjadi calon Presiden 2024. Bentuk Anies setidaknya terpotret dari buatan survei Litbang SINDO yang dikerjakan secara online di mana elektabilitas dan popularitasnya di bawah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berada di urutan teratas.

(Baca juga: Perwakilan Kedua Kelompok, Prabowo-Puan Bisa Manfaatkan Momentum buat 2024)

Menyikapi hal ini, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, peluang Anies sebagai Capres 2024 jika ditinjau sebab aspek struktur politik sangat kecil, mengingat dia bukan kader golongan politik.

(Baca selalu: Habib Rizieq Ditahan, Tengku Zul: Semua yang Buat Kerumunan Kudu Ditangkap)

Baca Serupa:

“Jauh bertambah mungkin jika orientasinya Cawapres, tersebut pun jika popularitas dan elektabilitasnya stabil, sementara antara posisi (pemilihan) Gubernur (DKI) dengan masa kontestasi (Pilpres) berjarak satu tahun, tentu akan berpengaruh pada popularitasnya, ” ujar Dedi saat dihubungi SINDOnews , Minggu (13/12/2020).

Menurut Dedi, andaikata ada skema luar biasa dengan memungkinkan Anies menjadi Capres, maka salah satu Parpol besar harus tersedia yang merelakan tanpa mengajukan tokoh atau kader mereka. Namun situasi ini dianggap sulit terwujud.

Dedi melihat, masing-masing parpol pasti memilih menyodorkan Ketua Ijmal mereka atau setidaknya kader sah mereka, termasuk Partai Gerindra yang telah mengusung Anies di DKI Jakarta.

“Jika Anies Cawapres akan lebih banyak skema yang muncul, termasuk potensi bersanding dengan Prabowo Subianto, ” pungkas dia.